twitter





Judul buku      : Psikologi Pendidikan
Pengarang       : Drs. M. Dalyono
Penerbit           : Rineka Cipta
Tahun terbit     : 2009
Tempat terbit   : Jakarta
Tebal buku      : 270 halaman


        Sebagai buku pembelajaran psikologi pendidikan untuk ditunjukan kepada mahasiswa agar mahasiswa memahami gejala-gelaja kejiwaan dan tigkah laku menusia, khususnya peserta didik, yang berkaitan dengan proses belajar mengajar. Ilmu jiwa pendidikan menitik beratkan kepada proses pendidikan yang efisien, dimana aspek-aspek yang dibicarakan dapat dirumuskan dengan kata tanya “bagaimana atau bilamana”. Jadi, dapat disimpulkan bahwa psikologi pendidikan adalah sebuah sebuah pengetahuan tentang kejiwaan peserta didik dalam mengikuti proses belajar mengajar.
            Buku Psikologi Pendidikan ini ditulis oleh Drs. M. Dalyono
        Pembahasan pertama pada buku ini mengenai pengertian dan ruang lingkup ilmu jiwa pendidikan, yang di dalamnya menjelaskan bahwa psikologi berasal dari 2 kata bahasa Yunani, yaitu psyche yang berarti jiwa, dan logos yang berarti ilmu. Pada pembahasan kedua membahas peranan ilmu jiwa pendidikan dalam dunia pendidikan, yang menjelaskan psikologi dalam pendidikan. Kemudian dalam pembahasan ketiga membahas mengenai teori-teori psikologi belajar, yang di dalamya menjelaskan tentang teori-teori psikologi belajar behavioristik, teori-teori belajar psikologi kognitif, teori-teori belajar dari psikologi humanistis, tujuan belajar, prinsip-prinsip belajar, factor-faktor yang mempengaruhi belajar.
            Pembahasan keempat membahas mengenai pertumbuhan dan perkembangan manusia, yang di dalamnya menjelaskan tentang pertumbuhan dan perkembangan pribadi manusia serta aspek-aspek yang mempengaruhi pertumbuhan. Pembahasan kelima membahas mengenai pembawaan dan lingkungan, yang di dalamnya mejelaskan tentang pembawaan, lingkungan, macam-macam lingkungan, serta pengaruh hereditas dan lingkungan terhadap perkembangan individu. Dalam pembahasan keenam membahas mengenai kemampuan dan intelegensi, yang membahas tentang kemampuan, intelegensi, CBSA dalam proses belajar mengajar. Pembahasan ketujuh membahas mengenai tipe-tipe dan kesulitan belajar, yang di dalamnya membahas tentang tipe-tipe belajar, kesulitan belajar, perihal anak bermasalah.
Dalam menggunakan gaya bahasa di buku ini sudah baik, dan materi pada buku ini juga mudah dipahami karena istilah yang dipakai sudah sering di dengar, tetapi ada beberapa kata yang asing.
Secara keseluruhan buku ini materi yang dijelaskan jelas dan dari bab pertama hingga selanjutnya sangat berkaitan, bahasa yang digunakan sangat mudah dipahami dan dimengerti oleh pembacanya. Kekurangan pada buku ini hanya kurang pada contohnya saja, selebihnya buku ini sudah baik.
Buku Psikologi Pendidikan ini sangat baik untuk dibaca bagi mahasiswa yang terutama jurusan psikologi dan untuk calon guru, karena dalam buku ini juga bisa membantu agar siswa dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, jadi secara keseluruhan buku ini layak untuk dibaca.

0 komentar:

Posting Komentar