Judul
buku : Psikologi Pendidikan
Pengarang : Drs. M. Dalyono
Penerbit : Rineka Cipta
Tahun
terbit : 2009
Tempat
terbit : Jakarta
Tebal buku : 270 halaman
Sebagai buku pembelajaran psikologi
pendidikan untuk ditunjukan kepada mahasiswa agar mahasiswa memahami
gejala-gelaja kejiwaan dan tigkah laku menusia, khususnya peserta didik, yang
berkaitan dengan proses belajar mengajar. Ilmu jiwa pendidikan menitik beratkan
kepada proses pendidikan yang efisien, dimana aspek-aspek yang dibicarakan
dapat dirumuskan dengan kata tanya “bagaimana atau bilamana”. Jadi, dapat
disimpulkan bahwa psikologi pendidikan adalah sebuah sebuah pengetahuan tentang
kejiwaan peserta didik dalam mengikuti proses belajar mengajar.
Buku
Psikologi Pendidikan ini ditulis oleh Drs. M. Dalyono
Pembahasan
pertama pada buku ini mengenai pengertian dan ruang lingkup ilmu jiwa
pendidikan, yang di dalamnya menjelaskan bahwa psikologi berasal dari 2 kata bahasa
Yunani, yaitu psyche yang berarti
jiwa, dan logos yang berarti ilmu. Pada
pembahasan kedua membahas peranan ilmu jiwa pendidikan dalam dunia pendidikan,
yang menjelaskan psikologi dalam pendidikan. Kemudian dalam pembahasan ketiga
membahas mengenai teori-teori psikologi belajar, yang di dalamya menjelaskan
tentang teori-teori psikologi belajar behavioristik, teori-teori belajar
psikologi kognitif, teori-teori belajar dari psikologi humanistis, tujuan
belajar, prinsip-prinsip belajar, factor-faktor yang mempengaruhi belajar.
Pembahasan
keempat membahas mengenai pertumbuhan dan perkembangan manusia, yang di
dalamnya menjelaskan tentang pertumbuhan dan perkembangan pribadi manusia serta
aspek-aspek yang mempengaruhi pertumbuhan. Pembahasan kelima membahas mengenai
pembawaan dan lingkungan, yang di dalamnya mejelaskan tentang pembawaan,
lingkungan, macam-macam lingkungan, serta pengaruh hereditas dan lingkungan
terhadap perkembangan individu. Dalam pembahasan keenam membahas mengenai
kemampuan dan intelegensi, yang membahas tentang kemampuan, intelegensi, CBSA
dalam proses belajar mengajar. Pembahasan ketujuh membahas mengenai tipe-tipe
dan kesulitan belajar, yang di dalamnya membahas tentang tipe-tipe belajar,
kesulitan belajar, perihal anak bermasalah.
Dalam menggunakan gaya
bahasa di buku ini sudah baik, dan materi pada buku ini juga mudah dipahami
karena istilah yang dipakai sudah sering di dengar, tetapi ada beberapa kata
yang asing.
Secara keseluruhan buku
ini materi yang dijelaskan jelas dan dari bab pertama hingga selanjutnya sangat
berkaitan, bahasa yang digunakan sangat mudah dipahami dan dimengerti oleh
pembacanya. Kekurangan pada buku ini hanya kurang pada contohnya saja, selebihnya
buku ini sudah baik.
Buku Psikologi
Pendidikan ini sangat baik untuk dibaca bagi mahasiswa yang terutama jurusan
psikologi dan untuk calon guru, karena dalam buku ini juga bisa membantu agar
siswa dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, jadi secara keseluruhan buku ini
layak untuk dibaca.